SEBERANGI LAUTAN, LAKUKAN PENELITIAN KEMASYARAKATAN (LITMAS)

Menjadi Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas haruslah siap dengan segala resiko tugas yang akan di hadapi di lapangan. Kali ini, Bayu Karjaredja, salah seorang Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Serang berkesempatan untuk melakukan penelitian kemasyarakatan (litmas) ke sebuah pulau yang terletak di Provinsi Banten. Pulau tersebut adalah Pulau Panjang Karangantu Serang.

Pagi itu (20/2) Bayu Karjaredja bergegas memicu sepeda motornya ke Pelabuhan Karangantu, Serang. Memang jarak antara kantor Bapas Serang menuju pelabuhan Karangantu tidaklah terlalu jauh. Hanya sekitar 30 menit perjalanan lamanya. Namun untuk sampai ke Pulau Panjang, perahu yang akan di tumpangi haruslah memesan terlebih dahulu satu hari sebelum keberangkatan. Hal ini di karenakan armada perahu nelayan terbatas.

Satu jam lamanya Bayu Karjaredja menikmati perjalanan menyeberangi laut untuk sampai ke Pulau Panjang. Peristiwa ini menurut Bayu, menjadi pengalaman tersendiri meskipun terdapat resiko karena dengan armada tingkat keamanan yang seadanya dan  terbatas. Maklumlah perahu nelayan yang di tumpangi merupakan perahu dengan teknologi seadanya.

Akhirnya setelah menempuh perjalanan di atas air, Bayu Karjaredja tiba di daratan Pulau Panjang. Patut di syukuri jarak antara Pulau Panjang untuk sampai ke rumah penjamin klien tidaklah jauh. Hingga akhirnya ia dapat bertemu dengan penjamin dan aparat pemerintah setempat sambil memulihkan kondisi tubuh yang telah melalui medan yang tidak mudah. (ax)

1 prepare kapal 2 Naik perahu Pulau Panjang 3 Trip Pulo panjang sudah kelihatan pulau panjang 4 Lokasi Pelabuhan Kp.Peres 5 Bertemu dengan keluarga Penjamin dan Rt Setempat

Tentang BALAI PEMASYARAKATAN SERANG

Balai Pemasyarakatan ( Bapas ) Serang adalah unit pelaksana teknis dari Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Banten
Pos ini dipublikasikan di JURNAL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s